10 Teleskop terbesar di dunia


10 Teleskop terbesar di dunia

Gemini Observatory
Dua mata lebih baik dari satu. Twin optik / teleskop inframerah, Observatorium Gemini adalah terpisah, tetapi bersama-sama, mereka dapat mengakses seluruh langit. Gemini Selatan terletak sekitar 9 000 meter di Andes Chili, Gemini Utara (foto) adalah di bagian atas Mauna Kea, rumah bagi sebuah komunitas internasional teleskop mengintip ke langit malam, melalui suasana yang sangat baik Hawaii.

10 Teleskop terbesar di dunia

European Southern Observatory
Teleskop dengan panjang 3,5 m , merupakan teleskop pertama di dunia yang memiliki cermin utama yang dikendalikan oleh komputer. Bahkan bidang amatir sekarang memiliki teknologi. Bersama teleskop ESO di Gurun Atacama di Chili, juga termasuk array Very Large Telescope (digambarkan), observatorium utama di Eropa. ESO ini juga rumah bagi beberapa milimeter Eropa Atacama Besar / sub-milimeter Array, dikenal sebagai ALMA, sebuah kolaborasi antar Amerika Utara dengan Asia Timur dan Chile. ALMA akan menjadi The Biggest Earth Radio Observatorium Astronomi Observatorium dan paling maju di dunia. Yang membawa kita ke Observatorium berikutnya yang lebih tinggi.

10 Teleskop terbesar di dunia

National Radio Astronomy Observatory (NRAO)
NRAO adalah operator dari teleskop radio steerable terbesar di dunia sepenuhnya , Green Bank Telescope, yang berdiri dekat Green Bank, West Virginia. Observatorium berisi teleskop yang terkenal lainnya, di antaranya teleskop 140-kaki (43 m) yang memanfaatkan sebuah khatulistiwa mount biasa untuk teleskop radio, tiga 85-kaki (26 m) membentuk teleskop Green Bank Interferometer, teleskop 40 kaki (12 m) yang digunakan oleh kelompok-kelompok sekolah dan organisasi untuk penelitian skala kecil, radio ‘tanduk’ tetap yang dibangun untuk mengamati Cygnus X-1, sebuah rumah tempat tidur untuk memfasilitasi tamu-tamu, serta reproduksi antena asli dibangun oleh Karl Jansky saat dia bekerja untuk Bell Labs untuk mendeteksi gangguan yang ditemukan menjadi gelombang radio yang sebelumnya tidak diketahui alami yang dipancarkan oleh semesta .

10 Teleskop terbesar di dunia

Chandra/Spitzer Space Telescopes
Salah satu observatorium NASA yang terkenal (selain Teleskop luar angkasa Hubble) telah memberikan gambaran sekilas tentang alam semesta yang tidak dapat dilihat. Orbit elips dari Chandra X-Ray Observatory, yang membawanya pergi dari Bumi, memberikan pandangan yang lebih baik dari daerah tinggi berenergi ruang, seperti supernova. gambar dari Chandra telah membantu para ilmuwan lebih memahami dan pulsar nebula.

10 Teleskop terbesar di dunia

Kepler Space Telescopes
Kepler Teleskop ruang angkasa milik NASA , yang dirancang untuk menemukan planet berukuran Bumi di zona huni bintang seperti matahari, telah menemukan lima eksoplanet pertama yang baru, atau planet luar tata surya kita.

sensitivitas yang tinggi untuk planet Kepler baik kecil dan besar memungkinkan penemuan eksoplanet, bernama Kepler 4b, 5b, 6b, 7b dan 8b. Penemuan diumumkan Senin, 4 Januari, oleh anggota tim sains Kepler dalam sebuah jumpa pers pada pertemuan American Astronomical Society di Washington.

10 Teleskop terbesar di dunia

W. M. Keck Observatory
Keck’s twin 10-meter, 8-story, 300-ton telescopes. Setiap cermin utama terdiri dari 36 segmen heksagonal yang bekerja sama sebagai sebuah kesatuan dari kaca – teknik revolusioner yang memungkinkan pencapaian cermin besar. Mereka telah membantu para ilmuwan membuat beberapa penemuan mengejutkan: adanya galaksi di pinggiran alam semesta, mempelajari supernova untuk menentukan tingkat ekspansi alam semesta, sifat puncak gamma-ray dan, baru-baru ini, planet di sekitar bintang-bintang lainnya.

10 Teleskop terbesar di dunia

Mount Wilson Observatory
Dari kereta keledai digunakan untuk membawa cermin 60-inci ke puncak gunung. Gunung Wilson merupakan evolusi observatorium modern, dan salah satu tempat paling penting di sejarah ilmiah . George Ellery Hale 60-inci, yang tidak lagi digunakan untuk penelitian, ini akan digunakan untuk studi klasifikasi spektral bintang, yang merupakan dasar dari astronomi modern. 60-inci Teleskop Hale merupakan yang terbesar di dunia 100 tahun yang lalu, tetapi dalam waktu 10 tahun, digantikan oleh lingkup 100-inci berikutnya. Edwin Hubble menemukan bahwa noda-noda dari nebula, bahwa alam semesta berkembang, dan bahwa kecepatan sepadan dengan perluasan Big Bang atau penciptaan. Observatorium Mount Wilson menjadi observatory primer selama 40 tahun.

10 Teleskop terbesar di dunia

Palomar Observatory
Teleskop Palomar 200-inci membantu merevolusi astronomi modern – dan baking modern. Para pembuat cermin menghabiskan hampir $ 1 juta – dolar pada tahun 1934 – dan masih tidak dapat membuat cermin kuarsa cukup besar. George Ellery Hale, yang memimpin Palomar sebagai ciptaan-nya Mt. Wilson meminta cermin 200-inci terbuat dari campuran baru yang disebut kaca Pyrex. Perubahan suhu membuat Pyrex memperluas dan kontrak lebih kecil dari kaca biasa, kaca Pyrex, jadi kurang rentan terhadap masalah distorsi.

10 Teleskop terbesar di dunia

Galileo’s Telescope
Galileo Galilei tidak menciptakan teleskop, ia mungkin bahkan bukan orang pertama yang menggunakan teleskop. Tapi desain teleskop yang kuat memungkinkan dia untuk melihat lebih jauh daripada orang lain. Dengan teleskop 1609, ia diperiksa bulan, menemukan empat bulan Jupiter, menonton supernova, ditemukan bintik matahari dan memverifikasi fase Venus . Dia juga mengutuk bidaah untuk advokasi pandangan heliosentris tentang alam semesta. Satu dari dua sisa teleskop Galileo terus menampilkan pameran bulan ini untuk pertama dan satu-satunya di luar Italia, di Franklin Institute di Philadelphia.

10 Teleskop terbesar di dunia

Bosscha Observatorium
Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Pada rapat pertama NISV, diputuskan akan dibangun sebuah observatorium di Indonesia demi memajukan Ilmu Astronomi di Hindia Belanda. Dan di dalam rapat itulah, Karel Albert Rudolf Bosscha, seorang tuan tanah di perkebunan teh Malabar, bersedia menjadi penyandang dana utama dan berjanji akan memberikan bantuan pembelian teropong bintang. Sebagai penghargaan atas jasa K.A.R. Bosscha dalam pembangunan observatorium ini, maka nama Bosscha diabadikan sebagai nama observatorium ini.

Source : kaskus.us

2 responses to this post.

  1. klo yg di planetarium jakarta, apa g masuk rangking dunia ya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: