10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya


Ini dia 10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

1. Burung Emu

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Burung Emu (Dromaius novaehollandiae) ialah burung asli Australia yang terbesar, serta burung tak terbang yang kedua terbesar di dunia, iaitu selepas saudara ratitnya, burung unta. Burung ini juga merupakan ahli tunggal dalam genus Dromaius yang masih wujud. Subspesies Emu yang hidup di Tasmania terpupus selepas penempatan orang Eropah di Australia pada tahun 1788; taburan subspesies di tanah besar Australia kini juga terjejas oleh kegiatan-kegiatan manusia.

Pada suatu ketika, banyak burung Emu terdapat di pantai timur Australia tetapi kini, burung ini jarang didapati di sana; sebaliknya perkembangan pertanian dan pembekalan air untuk ternakan di kawasan pedalaman benua ini telah menambahkan tempat kediaman burung Emu di kawasan-kawasan yang kering. Burung Emu masih banyak terdapat di tanah besar Australia, walaupun burung ini mengelakkan kawasan-kawasan yang penuh sesak atau terlalu kering, serta hutan-hutan padat.

Burung Emu mempunyai bulu lembut yang berwarna coklat dan boleh mencapai ketinggian sebanyak dua meter dan berat sebanyak 45 kilogram. Burung ini ialah haiwan berkelana, dan boleh membuat perjalanan jarak panjang untuk mencari makanan yang termasuk berbagai-bagai tumbuhan dan serangga. Jika perlu, burung ini boleh mencapai 50 kilometer sejam (31 batu sejam) untuk setakat masa.  Burung Emu diternakkan untuk daging, minyak, dan kulitnya.

2. Antelop

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Antelop adalah mamalia yang bentuknya menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas. Hewan ini merupakan anggota dari famili bovidae dan termasuk hewan yang terancam punah. Antelop tersebar di Afrika, Asia, dan Timur Tengah, mereka hidup berkelompok serta berpindah-pindah untuk mencari makanan. Salah satu antelop yang masih hidup yaki A. cervicapra ditemukan di Pakistan dan India, yakni dari wilayah Punjab dan Sind hingga Bengal dan Tanjung comorin.

3. Lemur

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Lemur yang berasal dari bahasa latin lemures, adalah hewan dari ordo primata yang hidup dan tinggal di Madagaskar, AfrikaArti dari kata lemures ini adalah makhluk atau arwah di malam hari atau hantu.Hal ini mungkin karena bentuk mata dari hewan ini dapat memantulkan cahaya di malam hari disertai dengan teriakan nyaringnya.

4. Armadillo

sebelum-punah_armadillo_yulisa.jpg

Armadillo raksasa, Tatou, Ocarro (Priodontes maximus) merupakan spesies terbesar armadillo. Hewan ini dapat ditemukan di Amerika Selatan bagian timur. Spesies ini memiliki berat 59 pon ketika tumbuh penuh, dan kalau di alam liar beratnya mencapai 71 pon. Memiliki panjang 895 mm. Armadillo raksasa diklasifikasikan sebagai spesies terancam oleh daftar merah World Conservation Union tahun 2002, dan dimasukan kedalam Appendix I (ditangani agar tidak punah) pada Convention on the International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna. mempunyai kebun binatang tersendiri yang diberi nama Los Ocarros.

5. Kiwi

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Kiwi adalah spesies lain dari burung tidak dapat terbang yang endemik di Selandia Baru dari genus Apteryx (satu-satunya genus dalam famili Apterygidae). Dalam ukurannya yang seperti ayam domestik, kiwi adalah ratite hidup yang paing kecil. Seluruh spesies kiwi adalah spesies terancam. Kiwi juga merupakan simbol nasional Selandia Baru.

6. Alpaka

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Alpaka ialah seekor binatang menyusui dari Amerika Selatan yang menyerupai llama. Alpaka berukuran lebih kecil daripada llama, dan alpaka tak digunakan sebagai hewan pengangkut, namun untuk diambil bulunya. Serat alpaka digunakan untuk membuat barang rajutan dan jahitan, seperti wol domba.

Alpaka biasa ditemukan di Argentina bagian utara, dari keluarga Camelidae. Alpaka digembalakan untuk merumput di Pegunungan Andes di Ekuador, Peru selatan, Bolivia utara, dan Cili utara pada ketinggian 3500-5000 m dpl.

7. Rodentia

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Hewan pengerat adalah salah satu ordo dari binatang menyusui. Bahasa Latinnya Rodentia. Ada sekitar 2000 sampai 3000 spesies binatang pengerat yang ditemukan di semua benua kecuali Antarktika. Hewan pengerat memiliki gigi depan yang selalu tumbuh dan harus diasah dengan menggerigiti sesuatu.

Hewan pengerat telah digunakan manusia sebagai hewan percobaan, diambil kulitnya, untuk makanan, dan juga untuk mendeteksi ranjau.

8. Ajag

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Ajak atau ajag (Cuon alpinus) adalah anjing hutan yang hidup di Asia, terutama di wilayah selatan dan timur. Ajak tidak sama dengan serigala.

Ajak merupakan anjing asli Nusantara, terdapat di pulau Sumatra dan Jawa, mendiami terutama kawasa pegunungan dan hutan. Anjing kampung dan yang lainnya yang biasa dijadikan peliharaan di Indonesia, sebenarnya merupakan anjing impor yang berasal dari daerah lain. Ajak berperawakan sedang, berwarna coklat kemerahan. Di bagian bawah dagu, leher, hingga ujung perut berwarna putih, sedangkan ekornya tebal kehitaman.

Ajak biasa hidup bergerombol dalam lima hingga dua belas ekor, tergantung lingkungannya. Namun, pada keadaan tertentu, ajak dapat hidup soliter (menyendiri), seperti yang ditemukan di Taman Nasional Gunung Leuser.

9. Salamander

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Salamander adalah hewan vertebrata yang hidup di dua alam (Amphibi) yang tergolong ke dalam kelas amphibi yang berekor dan berkaki (Caudata/Urodela).
Para peneliti Kanada telah berhasil menemukan Frogmander (berasal dari kata Frog dan Salamander), fosil yang berusia 290 juta tahun.
Sekarang di seluruh dunia terdapat sekitar 300 spesies salamander yang banyak ditemukan di bumi belahan Utara dan hanya di Indonesia yang tidak ditemukan Salamander sedangkan Kosta Rika disebut-sebut sebagai Surga para Salamander.
Pada Januari 2008, ditemukan tiga spesies baru salamander yang ditemukan di Taman Nasional La Amistad (di perbatasan antara Kosta Rika dan Panama). Ketiga spesies itu berukuran kerdil yaitu sekitar 2,8 cm dan 8 cm.
Sedangkan Salamander terbesar di Dunia merupakan asli dari Cina yang panjangnya mencapai 165 cm, dinamakan Slamander Raksasa Cina atau Adrias Davidianus.

10. Caribou

10 Hewan yang belum kita ketahui wujudnya

Caribou adalah hewan yang selalu bergerak. Kawanan hewan ini bisa bergerak hingga 5.000 km dalam setahun, yang menurut IUCN adalah mamalia darat dengan pergerakan paling jauh. Di laut, hewan yang bergerak jauh adalah paus bongkok. Paus ini mampu berenang 8.000 km ke tempat beranak pinak.

Sumber : wikipedia

3 responses to this post.

  1. salamander wowh!!!! bagus banget,,,, klo ada saya mau pelihara,,,

    Balas

  2. burung kiwi itu bentuknya kayak telor…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: